Teknologi

Apa itu ilmu data?

[ad_1]

Ilmu data adalah dunia teknologi saat ini yang menggunakan istilah yang sangat populer. Ini adalah entitas multidisiplin yang menangani data secara terstruktur dan tidak terstruktur. Ia menggunakan metode ilmiah dan matematika untuk memanipulasi data dan mengekstrak pengetahuan darinya. Ini bekerja pada konsep yang sama dari data besar dan penambangan data. Ini membutuhkan perangkat keras yang kuat bersama dengan algoritma yang efisien dan pemrograman perangkat lunak untuk memecahkan masalah data atau untuk memproses data untuk mendapatkan pengetahuan yang berharga darinya.

Tren informasi saat ini memberi kita 80% dari data dengan cara yang tidak terstruktur sementara 20% sisanya diatur dalam bentuk untuk analisis cepat. Detail yang tidak terstruktur atau semi-terstruktur memerlukan penanganan agar berguna untuk lingkungan wirausaha saat ini. Umumnya, informasi atau detail ini dihasilkan dari berbagai sumber seperti file teks, catatan keuangan, alat, sensor, dan bentuk multimedia. Menggambar wawasan yang bermakna dan berharga dari informasi ini membutuhkan algoritme dan alat canggih. Ilmu ini menawarkan tampilan yang berharga untuk tujuan ini dan ini menjadikannya ilmu yang berharga bagi dunia teknologi saat ini.

Bagaimana ilmu data memperoleh wawasan dari data?

1. Sebagai contoh, situs internet yang ada mempertahankan volume besar rincian atau informasi mengenai basis pelanggan mereka. Sekarang, toko online ingin menyarankan rekomendasi produk kepada setiap pelanggan berdasarkan aktivitas mereka sebelumnya. Toko mendapatkan informasi lengkap tentang pelanggan seperti riwayat pembelian sebelumnya, riwayat penelusuran produk, pendapatan, usia, dan lainnya. Di sini, sains bisa sangat berguna dengan membuat kereta model menggunakan detail yang ada dan toko dapat merekomendasikan produk yang akurat ke basis pelanggan secara berkala. Memproses informasi untuk tujuan ini adalah aktivitas yang kompleks, tetapi sains dapat melakukan keajaiban untuk ini.

2. Mari kita lihat terobosan teknologi lain di mana ilmu ini bisa sangat membantu. Contoh terbaik di sini adalah mobil self-driving. Detail atau informasi langsung dari sensor, radar, laser, dan kamera pada umumnya membuat peta lingkungan untuk mobil self-driving. Kendaraan menggunakan informasi ini untuk memutuskan di mana Anda harus cepat, di mana harus lambat, dan kapan harus menyalip kendaraan lain. Ilmu data menggunakan algoritme pembelajaran mesin canggih untuk ini. Ini adalah contoh terbaik lainnya untuk menyampaikan lebih banyak tentang bagaimana sains membantu dalam pengambilan keputusan menggunakan detail atau informasi yang tersedia.

3. Prakiraan cuaca adalah bidang lain di mana ilmu ini memainkan peran penting. Di sini, ilmu ini digunakan untuk analisis prediktif. Detail, informasi, fakta atau angka yang dikumpulkan dari radar, kapal, satelit, dan pesawat yang digunakan untuk menganalisis dan membangun model prakiraan cuaca. Model yang dikembangkan yang menggunakan sains membantu memprediksi cuaca dan juga memprediksi secara akurat terjadinya bencana alam. Tanpa ilmu pengetahuan, data yang dikumpulkan akan sia-sia belaka.

Siklus hidup ilmu data

Tangkap: Sains dimulai dengan memperoleh, memasukkan dan mengekstraksi data, dan menerima sinyal.

Pemrosesan: Ilmu ini secara efektif memproses data yang diperoleh menggunakan penambangan data, agregasi dan klasifikasi data, pemodelan data, dan ringkasan data.

• Pemeliharaan: Sains mempertahankan data yang diproses menggunakan data warehousing, pemurnian data, penskalaan data, dan rekayasa data.

• Komunikasi: Ilmu ini menyampaikan atau menyajikan data menggunakan pelaporan data, visualisasi data, kecerdasan bisnis, dan model pengambilan keputusan.

• Analisis: Ilmu ini menganalisis data menggunakan proses eksplorasi atau konfirmasi, analisis prediktif, regresi, penambangan teks, dan analisis kualitatif.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button